RSS

Tetanus atau bodong?

16 Jan

Alkisah suatu waktu (hehehe), saya lagi baca handout Ilmu Kedokteran Anak di kamar mama. Maklum, kegiatan belajar rajin yang hanya bisa ditemui ketika akan ujian, hohoho. UAS getoo! Nah, topiknya macem-macem, mulai dari difteri, penyakit jantung anak, gangguan tumbuh kembang, de el el deh, tetapi yang teristimewa adalah…jreng..jreng –> TETANUS

Di handout Tetanus yang cukup tebal itu, saya banyak dapat ilmu dari macam bakterinya hingga gejala dan penatalaksanaan penyakit tersebut. Ketika membaca macam-macam penyebab Tetanus Neonatus (yaitu tetanus yang mengenai bayi baru lahir), disebutkan salah satunya adalah ‘penanganan tali pusar yang salah, terutama di daerah pedalaman yang melumuri tali pusat bayi yang baru diporong dengan kotoran hewan’. Hiiiiiiiii! Serem and jijik gimana gituu. Coba kalo tu bayi bisa ngomong, pasti protes lah! Hahahahahaha!

Dari situ aku simpulin kalo punya baby kudu aware dengan Tetanus terutama penanganan tali pusarnya yang nggak sembarangan. Lantas isenglah aku bertanya ke mamaku yang lagi sibuk kerja dengan laptopnya –>

anin : ma, dulu ngurus tali pusarku gimana ma?

mama : oh, kalo ga salah mama tanem!

anin : *dienkzzz*, maksudku bukan itu, waktu setelah motongnya tu, ngerawatnya gimana?? kan rawan tuh

mama : oh itu, mama pinter donk. Mama kan ga berani, jadi tak panggilin bidan setiap hari buat bersihin ampe benar-benar selesai perawatan tali pusatnya.

anin : (hemm, merasa puas dan takjub sembari memuji dalam hati kalo mamaku hebat paham tetanus) wah, mama hebat! Pasti takut kena tetanus ya! (sambil senyum-senyum)

mama : (dengan tegas dan cepat menjawab) Enggak! Biar gak bodong…

anin : (hanya terdiam kikuk, jadi biar gak bodong to??? bukan tetanus??)

hahahahaha, tapi ga papa deh, bisa juga dijadikan saran ke para ibu-ibu pemula kalo punya baby and ga ngerti cara ngerawat tali pusat dengan benar maka silakan datangkan bidan dan dapatkan ANTI TETANUS + ANTI BODONG! gayahahahah!!

btw, tau kan apa itu bodong?😉

 
7 Comments

Posted by on January 16, 2009 in curhat zone, for fun, info zone, supermama

 

7 responses to “Tetanus atau bodong?

  1. yessi

    January 17, 2009 at 3:28 am

    gyahahah~~ btw knapa kok tali pusar selalu ditanam yah??

     
    • anindita

      January 19, 2009 at 2:35 am

      iya, eh tp ada yang dibuang dilaut lhoow.. trz katanya slama berapa hari dikasih lampu ato gmn gitu, biar ga dimakan tikus kalo ga salah..hahaha

       
  2. Asop

    February 2, 2009 at 10:36 am

    =)) =)) =)) Huakakakakakkakakakak!!

    Aku bersyukur puserku gak bodong… huhuhu.. kalo bodong jelek dong… =))

    Dengan postingan ini, kamu udah nunjukin bahwa puser kamu ga bodong Nin… ketahuan deh… hehehe..

     
  3. Asop

    February 2, 2009 at 10:36 am

    =)) =)) =)) Huakakakakakkakakakak!!

    Aku bersyukur puserku gak bodong… huhuhu.. kalo bodong jelek dong… =))

    Dengan postingan ini, kamu udah nunjukin bahwa puser kamu ga bodong Nin… ketahuan deh… hehehe.. *tatapan nakal…

     
  4. sinta

    February 9, 2009 at 5:46 am

    ngomongin tentang puser dan bodong… (ni topiknya tentang puser ato tetanus se?)
    pernah denger ga ada kepercayaan kalo puser tu dianggap sbg sodara kembar kita yang mati. jadi deperlakukan dengan istimewa. yang dikasi lampulah. ditanem bareng pensil katanya biar pinter. dilarung di laut biar anaknya jadi orang yang berani berpetualang…yah namanya juga kepercayaan. bagian dari budaya yang tetep harus dilestarikan.ya g?

     
  5. anindita

    February 10, 2009 at 8:39 am

    @ asop = oww, tentuu dunx,hahahaha

    @ sinta = iya, mari kita lestarikan juga orang macam Tabita, hehehe

     
  6. Rosyidi

    June 19, 2009 at 2:26 pm

    hehehe.. ya gak mungkin lah.. mana ada orang kota yg naruh kotoran ke anaknya….
    Itu mungkin di pedalaman mana gitu..

    thanks infonya..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: